Sunday, June 20, 2010

Kiat berbelanja murah

Mungkin sangat munafik kalau orang mengatakan ada kiat berbelanja murah karena yang namanya berbelanja pastilah menghabiskan duit. Dan sebenarnya untuk bisa hemat itu yah dengan tidak berbelanja. Selama berada di Melbourne, aku perhatikan banyak orang yang suka berbelanja kalau lagi ada sale. Menurut penilaianku, mereka berbelanja bukan karena mereka membutuhkan barang tersebut tetapi karena lagi sale. Jadi, itu sama saja dengan menghabiskan uang toh?
Nah, bagaimana sebenarnya kiat berbelanja murah yang aku sarankan itu? Nah, sebenarnya harus diawali dengan perlunya barang yang kita ingin beli. Jadi, kalau kita memang sudah butuh sesuatu, baru kita memasuki langkah berikutnya yaitu, menentukan strategi berbelanja murah. Ada 2 cara untuk ini: dengan mengunjungi toko dan browse internet. Misalnya kalau butuh membeli sebuah printer. Anda bisa pergi ke beberapa toko atau dengan menelusuri laman web toko-toko yang anda ingin kunjungi tersebut. Cara kedua ini tentu sangat efisien. Setelah membanding2-bandingkan harga, barulah anda memutuskan untuk pergi ke sebuah toko yang harganya lebih murah. Hal ini benar2 terjadi, dimana dengan benda yang sama, toko yang berbeda memberikan harga yang berbeda pula.
Belanja yang paling seru memang apabila kita sedang hunting barang di musim sale, terutama saat ini dimusim end of financial year. Di Melbourne ini musim end of financial year adalah bulan Juni dan khususnya menguntungkan jika berbelanja barang-barang elektronik. Musim sale besar-besaran lainnya adalah di akhir tahun, yakni bulan Desember, tetapi terutama untuk pakaian.
Tetapi ada hal yang menarik yang aku temukan selama hunting laptop di bulan Juni ini. Kebetulan Laptopku rusak dan aku butuh membeli yang baru. Maka aku mengadakan pencarian laptop melalui internet. Aku menelusuri website beberapa toko yang ada di sekitarku kemudian aku pergi ke toko-toko tersebut. Setelah yakin akan apa yang aku mau beli, aku pergi ke toko yang aku maksud. Namun, tidak selamanya pilihan yang aku telah tentukan dari searching internet akan menjadi keputusan akhir karena pikiranku berubah setelah sampai di toko. Mengapa? karena ternyata ada laptop lain yang lebih bagus dan lumayan murah yang di jual di toko tidak ada dalam catalogue yang aku lihat di internet. Kemudian, lebih menarik lagi ada barang yang harganya jauh lebih murah dari yang ada di catalogue. Hal ini terjadi, karena mereka mau clean stock.
Setelah aku pikir-pikir ternyata ada baiknya juga mencari2 dengan langsung ke toko, namun dengan terlebih dahulu mencari di websitenya. Hal ini tentu saja membantu karena kalau kita belum tau sebelumnya harga barang tersebut dari internet, manalah kita tahu bahwa harga display yang di toko itu sudah lebih murah.
Anyway, yang paling penting adalah jangan sampai berbelanja habis-habisan dan tidak punya sisa uang untuk hidup bulan ini. Itulah nasib anak kost! he he
Lebih baik menabung daripada menghabiskan uang untuk kepuasan sendiri saat ini. Walau aku adalah jenis orang yang suka memberi penghargaan kepada diri sendiri kalau sudah mencapai sebuah prestasi tertentu. Namun, aku masih memperkirakan budget dengan bijaksana sehingga aku masih bisa menabung. Menabung bukan berarti untuk masa yang jauh di hadapan tetapi untuk hal-hal yang tidak dapat kita elakkan atau tidak kita rencanakan. Sama seperti aku saat ini harus membeli laptop baru karena laptopku rusak.



Aku tidak merencanakan laptopku rusak, tapi hal ini terjadi diluar keinginanku. Dan aku telah berusaha dengan alternatif memperbaikinya ke reparasi. Alhasil, uangku lenyap AUD 400 sia-sia dan laptopku masih rusak. Akhirnya, aku memutuskan untuk membeli laptop baru karena kebetulan lagi musim sale besar-besaran, yakni end of financial year. Dan aku tidak berpikir untuk membuang laptop lamaku tetapi masih akan menjaganya menunggu waktunya aku akan memperbaikinya di tanah air.

No comments: